20 October 2017

09:00 – Bangun and have breakfast di depan kamar. Hari ini menunya lebih unik dari kemarin.

Kue entahlah apa ini, but it tasted good dan sumpah gue kenyang makannya. Thank you Pak Ngurah 🙂

10:00 – Jalan ke Tanah Lot. Terakhir kali gue ke sini.. beuh udah lama banget I couldn’t remember when (mungkin pas masih kecil kali ya). Anyway Tanah Lot has surely changed a lot! Sekarang di sana ada garden gede dan banyak restoran berjejer di tebing yang menghadap ke laut. Meski Tanah Lot remains as one of the most famous places to visit di Bali, bagi gue dan suami it was pretty standard and just okay. For me personally mungkin karena lautnya ga secakep laut / pantai lain di Bali kali ya.

Kita makan nasi goreng for lunch di salah satu restoran di pinggir tebing. Pelayan-pelayan di sini rata-rata ga ramah, pelayanannya lamaaaaaaa banget padahal restorannya sepi ampun-ampunan, dan yang paling mengecewakan: rasanya standard pake banget 🙁

Selingan ga penting: pas kita makan di resto ini, ada sepasang turis dari China (masih muda, paling seumuran gue 25-28 an gitu) foto-foto di sebelah kiri gue (bener-bener passsss di kiri gue). Jadi si cowo fotoin cewenya dengan background tebing + laut, terus setiap kali udah difoto, cewenya ngecekin hasilnya di kamera cowonya, tapi cewenya SELALU marah-marah dan ga suka fotonya, jadi mereka retake fotonya terus-terusan for like 30 menit lebih (sumprit I’m not kidding / lebay!) Cowonya sampe bermandikan keringet dan cuma bisa menghela nafas sabar gitu…. Gila HAHAHA. Gue, sang suami, dan sepasang bule yang duduk di depan kita sampe cengo and couldn’t help but to ngeliatin mereka terus x’D

13:00 – Sebelum pergi dari Tanah Lot, kita mampir ke Pantai di samping sana namanya Pantai Melasti Bali. Kita iseng ke sini karena letaknya beneran di samping Tanah Lot.

Ini adalah pantai yang berbatu karang yang hampir ga ada pengunjung. Meski sepi dan ga gitu ada apa-apa, in my opinion it was still a pretty cool beach yang soothing buat gue. Di sana sang suami aga insecure karena di bagian bawah batu karang itu ada BANYAK BANGET anak kepiting hahaha (untungnya mereka ga ngumpul di deket permukaan batu, kalo ngga pasti gue udah tereak terus lompat ke laut). Emang aga geli / horror sih kalo diperhatiin bener-bener xD

Pantainya sepi banget dan di sana kita cuma papasan sama sepasang bule dan beberapa orang lokal. Ga terlalu penting untuk divisit sih, I wouldn’t suggest you guys to go there, tapi personally gue suka sama pemandangan di sana, lengkap sama angin dan ombaknya yang gede.

Jalanan tembus dari Tanah Lot ke Pantai Melasti. Kalo mau ke sini kalian bisa cek Google Maps atau tanya orang lokal.

Kudu nyebrang ‘sungai boong-boongan’ dulu untuk ke bibir pantai.

14:00 – Ke Satu-Satu Coffee Company (Jl. Pantai Berawa No.36) untuk ngopi + ngedessert + istirahat + sekalian sang suami mau liat-liat (karena kerjaan doi kan ga jauh-jauh dari kopi.)

Jangan lupa pake sunblock dan masker yah 🙂

Tempatnya terang, pelayanannya juga oke, coffeenya kata suami lumayan enak (dan unik karena mereka pake coconut milk!), dan dessertnya not bad. We had a good rest that evening 😀

16:00 – Balik ke Danas Canggu Guest House karena kita perlu check out dan cus ke penginapan kita berikutnya di daerah Kuta. Eh sebenarnya kita udah check out tadi pagi, cuma kita masih make motor Pak Ngurah dan nitip koper di sana.

17:00 – Naik Grab ke ViHan Suite (Jalan Karang Tenget No.15) untuk check in. Ok singkat aja about this place: tempatnya di dalem gang kecil (accessible by motorcycle, kalo mobil kayaknya susah), lokasinya udah deket sama airport (that’s why we chose this place), foto kolam renang di Airbnb menipu (aslinya kecil banget dan ga gitu napsuin hahaha), kamar tidurnya as good as it looks (gue dan sang suami pretty like it), sarapannya mehhh 🙁 cuma disuruh pilih nasi goreng atau mie goreng setiap hari haha, dan rasanya juga standard banget, terus yang paling ngeselin: ternyata Pak Pande (yang ngelist tempat ini di Airbnb) adalah agen property tukang ngiklan dan bukan manager / owner dari property ini. Jadi a lot of things yang udah gue bahas dan setujui sama Pak Pande sering kali ga diapprove sama resepsionis karena menurut resepsionis, peraturan mereka ga begitu.

Resepsionis di sana juga ada 1 yang nyebelin banget dan aga-aga mencurigakan karena pernah kepergok kayak mau bego-begoin gue dan sang suami. Gue males jabarin gimana, pokoknya kata-kata dia kurang bisa dipercaya dan suka kayak mau nguntungin customer. Contoh: Pak Pande bilang sistem sewa motor di sana per-24 jam (kayak di Canggu), jadi kalo gue sewa mulai jam 8 malem hari Senin, gue bisa pake motornya sampe jam 8 malem hari Selasa. Tapi begitu ketemu resepsionis cowo nyebelin ini, dia bilang di hari gue check out, motor max jam 12 siang harus dikembalikan (kzl kan?) Jadi kalo gue bayar jam 8 malem hari Senin untuk 3 hari, hari ketiganya gue ga bisa pake sampe jam 8 malem, melainkan sampe jam 12 siang doang pas karena gue udah check out. Gue pretty sure logika dia yang ga jalan, tapi doi ngotot abis-abisan sampe gue kudu call Pak Pande dan suruh Pak Pande yang ngomong sama dia. Akhirnya kita dikasih pinjem dengan sistem 24 jam yang fair (sama seperti di Canggu juga kita dikasih akses motor per-24 jam). Seriously kalo ngga ya gue rugi maksimal dong?

Terus Pak Pande bilang kita boleh titip koper (because hellow, jaman sekarang siapa sih yang ga suka nitip koper abis check out? Like it’s so common ga sih?) Nah si resepsionis ta*peep* ini bilang kaga boleh karena ga ada peraturan kayak gitu. Dengan muka sour sally gue cuma ho oh ho oh aja, tapi abis gue chat Pak Pandu besokannya kita dibolehin nitip koper. Gue gatau in the first place yang salah kasih info itu Pak Pande, atau emang resepsionisnya rese, tapi intinya sebagai customer gue dan sang suami yang direpotkan. Terus kita ada kejadian kehilangan kartu hotel juga (more about that later di hari H aja gue bahas), dan ditanganin sama cowo ini secara ga professional juga. Rating gue untuk tempat ini 2.5/5. I really wouldn’t suggest people to stay here; terlalu ga professional pegawainya!

Boo tadi katanya singkat aja, eh ternyata panjang juga buntut-buntutnya hahaha :p

19:00 – Setelah beres-beres dan mandi, kita naik motor ke Samasta Lifestyle Village untuk dinner di Warung Wahaha (Jl. Wanagiri, Jimbaran). Jadi Samasta ini kayak outdoor spaces yang berisikan various kind of restaurants and shops. Interior restoran di sini (dan exteriornya) pada bagus-bagus; overall lumayan unyu deh tempatnya. Wahahanya sendiri rame banget, tapi luckily kita cuma nunggu di waiting list selama kurang lebih 20 menitan.

Karena laper, we decided to order two servings (lagian c’mon, we don’t like sharing when it comes to pork ribs!) :p

Wow I can’t deny, memang ribsnya Wahaha enak banget sih. Gue sama sang suami suka banget nget, and it’s worth the price menurut kita.

21:00 – Our last stop before going back home: iseng nyobain main House of Traps. Haha errr… menurut gue mainan ini mungkin lebih cocok buat anak kecil kali ya; definitely wasn’t for me. Instead of fokus di game-nya, gue malah lebih merhatiin betapa poor-nya props styrofoam mereka yang udah somplak-somplak dan ga jelas bentuknya. Interior ruangan di dalemnya juga jelek banget hahahaha ebuset. Well it’s my first time playing this kind of thing and I wasn’t impressed.

Ps: gue dan sang suami lumayan dodol dalam memecahkan kuis di dalem HAHAHA, meski akhirnya kita berhasil juga, tapi we asked for help 3 times :’D bahahaha.

Expenses (dalam Rupiah):

1. ViHan Suite 4D3N: 1.222.650
  2. Biaya sewa motor 2 hari di Canggu: 120.000
  3. Masuk Tanah Lot: 42.000
  4. Ice cream di Tanah Lot: 15.000
  5. Lunch nasi goreng di Tanah Lot: 70.000
  6. Minum dan dessert di Satu-Satu: 94.000
  7. Grab ke ViHan Suite: 58.000 (cashback 25.000)
  8. Biaya sewa motor 2 hari di ViHan: 150.000
  9. Dinner at Wahaha Seminyak: 422.500
  10. Main House of Trap: 200.000

Total: Rp 2.369.150

Important tips:

1. Harga sewa motor di Canggu rata-rata Rp 60.000 / 24 jam, kalo di Kuta Rp 75.000 / 24 jam. Beda daerah beda harga ya guys.
Summary
Tanah Lot, Pantai Melasti Bali, Satu-Satu Coffee Company, Danas Canggu Guest House, ViHan Suite, Samasta Lifestyle Village / Warung Wahaha, House of Trap.