17 June 2017

9:00 – Bangun, beres-beres, microwave breakfast yang kita beli dari Supermarket kemarin, dan makan di balkon :p Kemarin malemnya baru aja ujan, jadi udara pagi itu dingin buanget nget ngett.

Idenya sang suami yang basically emang hopeless romantic :p gue sama sekali kaga kepikiran haha. It was a good idea even though the weather’s a bit chilly for me.

12:00 – Check out dan jalan ke Hallstatt sembari bawa-bawa koper karena sore itu kita udah cao balik ke Vienna. A bit mafan sih memang (mafan = repot), tapi lebih enak begitu dari pada harus nitip koper di Obertraun dan balik lagi ke sana sebelum catch the train. Luckily sang suami has been my koper-bringer (hahaha koperbringer kok jadi kayak nama merk biskuit di German) for years sejak pacaran, jadi it was no problem at all for us to travel this way.

Siang itu kita cuma jajan eskrim di Bakerei Maislinger (tempat dessert kemarin), duduk, makan, foto, duduk lagi, ngobrol, dan santai menunggu jam kereta dateng.

Haha doi asked me to pose and set a self-timer camera, katanya dia mau “look into my heart” lol. Sumpah kita ampe diketawain bule karena posing like this xD

13:00 – Lunch di Maik’s Heisse Hutte. Burgernya meskipun simple, tapi sumprit enak, ngenyangin, and most importantly affordable! Lokasinya di deket bus stop dan pintu ke Salt Mine (jadi di Hallstatt sebelah kiri.) Gue definitely recommend you guys to try this (dan jangan lupa ayam suir yang kemarin malem gue makan ya, itu juga wajib!)

13:30 – Siap-siap naik boat dari kota Hallstatt ke train stationnya. Abis itu kita cuma nunggu aja di train stationnya sembari ngobrol sama 2 bapak-bapak orang asli Thailand. Hahaha percaya ga percaya topiknya berat yaitu politik dalam negri Indo! They knew a little bit and were interested about us (since politik kita lagi panas kan around that time).

14:30 – Departing to Vienna. Perjalanannya kurang lebih 3.5 jam dan kita ganti train sekali. Nah tiket kereta antar big cities kayak gini udah gue beli sebelumnya dari website ÖBB (seperti yang gue bahas di awal-awal postingan Europe). Kalau tiket bus / train antar Obertraun dan Hallstatt, gue beli di station langsung pada hari H.

18:00 – Nyampe di Wien Hbf and had our dinner there. Tanpa basa-basi kita langsung ke semacam food court dan nyari Asian food yang ada nasinya saking kangennya ama nasi T_T And jreng ini yang kita beli dari stall Mai Thai:

Oh ya remember hari pertama di Vienna gue bilang gue punya cerita tentang orang local yang tidak ramah? Where here it was:

Jadi selama di Austria, sang suami sering ketemu WC gratis buat cowo yang cuma mau pake urinoir (kalo mau buang air baru bayar), sementara buat cewe, WC nya hampir selalu bayar meski cuma mau kencing doang. Nah sistem bayar WC ini beda-beda, ada yang:

1. Gue harus langsung bayar ke penjaganya (udah galak, kaga bisa bahasa Inggris, dan doi ngekorin gue sampe masuk WC dan nunjukin bilik mana yang bisa gue pake, begitu gue masuk biliknya, doi kunci dari luar pintu bilik gue, jadi dari dalem itu cuma ada opsi buka pintu, kaga ada tombol buat ngunci, bayangiiinnnn creepy banget kaga tuh sistemnya).
  2. Gue harus masukin koin langsung ke gagang pintu WC-nya (kayak pas di Schönbrunn).
  3. Gue harus masukin koin ke mesin yang ada plang penghalang (kayak gate busway di Indo), terus mesin itu akan keluarin kertas (receipt), terus ntar plang penghalangnya bisa didorong ke depan (ini sistem di Wien Hbf).
Ini contoh receipt bayar WC.

Keringet dingin kaga lu bacanya? Hahaha. Nah pas di Wien Hbf, ada beberapa turis bule yang bingung ama sistemnya, salah satunya anak muda cewe bule yang berdiri tepat di depan gue (sampe kudu gue ajarin). Kenapa hal ini ngebingungin? 1. Tulisan-tulisan di sana bukan pake bahasa Inggris, 2. Janitornya biasa ga stand by di depan, melainkan beres-beres di dalam dan ga pernah bother untuk nyapa atau ngasih tau turis yang cengo-cengo, 3. Abis orang masukin koin, mereka ga bother ambil receiptnya, jadi cewe bule depan gue awalnya ngira receiptnya itu yang kudu discan or something. Ngeselin kan? Jadi kalo orang depan lu kaga tau musti ngapain, elu yang antri di belakangnya juga jadi ikut-ikutan cengo karena ga ada yang bisa dicontek.

Nah kembali ke laptop; pas itu gue udah selese kencing dan udah lagi jalan menuju ke pintu keluar, eh tiba-tiba gue denger ribut-ribut dari dalem, ternyata si janitor (ibu-ibu paruh baya) lagi tereak-tereakin satu nenek-nenek bule dalam bahasa German, sambil nunjuk-nunjuk mesin ticketing WC-nya. I’m not joking loh ya, dia beneran lagi tereak-tereak ala senior ngelabrak junior gitu. Jeger kaga lu. Si nenek-nenek cuma cengo kebingungan T_T dan kita-kita (turis lain) juga cuma diem-diem aja nontonin lalu kabur haha. Si janitor marah-marah apa juga kita semua ga ada yang ngerti wong doi ngomel pake bahasa German. Gue rasa mungkin si nenek itu salah masukin apa kali gue kaga tau. My point is, gue ilfil sih sama behavior beberapa orang local di Vienna. Menurut pengalaman gue mereka lebih senga, ga ada toleransi, belagu, dan kaga sabaran dibanding orang Belanda, Italy, sama Swiss (entar gue akan kesana).

Gila cerita WC aja ampe 4 paragraf hahaha^,^” maap terlalu hot. Ok lanjut!

19:20 – Departing to Roma Termini (main railway station di Rome) using ÖBB Nightjet train. Perjalanannya cukup panjang, gue dijadwalin sampe jam 9:20 AM keesokan harinya.

Nah gue pretty excited untuk bahas part ini karena menurut gue ini pengalaman yang unik banget. Kebetulan dari awal memang gue pengen banget nyobain overnight train di Europe xD

ÖBB ngasih 3 opsi: seating (duduk biasa, I wouldn’t suggest it for overnight travel karena bisa patah your pinggang), couchette (basically tempat duduk yang nantinya ditransform jadi kasur – ini opsi yang gue ambil), dan sleeper cabin (definitely paling oke dan comfortable). Untuk info lengkap bisa langsung buka website mereka di sini ya, gue akan fokus bahas couchette aja.

Nah couchette dan sleeper cabin juga ada opsi lagi, misalnya untuk couchette mau berenam atau berempat, again as a “humble” newly-wed kita pilih yang berenam. Tanpa ba bi bu langsung aja my thoughts about this nighjet train ya.

Jadi sebelumnya di Wien Hbf kita ke informasi untuk nanya tentang jadwal train dan tempat boarding. Abis itu kita dikasih tau harus kemana untuk nuker print-out tiket kita sama tiket yang sesungguhnya. Nah seinget gue, gue nyimpenin semua tiket kereta dan pesawat, tapi entah kenapa yang trip ini kaga ketemu tiketnya hikssss T_T pokoknya tiketnya kaga jelas lah haha. Gue sampe harus nanya orang lokal lagi di dalem kereta, bilik kamar gue yang mana karena I couldn’t read / understand the freaking tickets! Jeger banget ga ada bahasa Inggrisnya. Udah gitu seinget gue juga nama kita ga diprint dengan jelas (atau cuma salah satu nama yang diprint meski ada 2 penumpang), gue aga lupa maap dan karena tiketnya ga ada gue ga bisa confirm dengan pasti, tapi intinya sistem ticketing mereka nyebelin aja menurut gue.

Terus di bilik gue ada gue, sang suami, orang Mexico, orang Italy, dan orang Korea. Si orang Mexico ini harusnya dateng berdua, tapi temen dia cancel karena ada urusan, jadinya dia traveling sendirian. Mereka bertiga duduk sebaris (sempit-sempitan), dan disebrangnya gue dan sang suami + koper kita semua ditiban jadi satu. Gila I couldn’t imagine kalo temennya si Mexico jadi pergi, literally kaga ada tempat buat kita naro koper.

Bilik keretanya sempit pit pit banget dan I would suggest kalian untuk ambil yang berempat aja kalo ada yang mau nyoba nightjet ini (kalo gue disuruh naik ini lagi I would 1000% for sure milih sleeper cabin hahaha). Kita semua pretty lucky karena satu orang ga jadi pergi, dan ga semuanya bawa koper. Gue dan sang suami bawa 1 koper gede dan 1 koper cabin size, si Korea bawa koper cabin size, si Mexico dan Italy cuma bawa tas ransel gede, dan si Italy bawa gitar; kalo ngga begitu, gue rasa bernapas pun susah kali di ruangan itu.

Begitu boarding, kita duduk hadep-hadepan kayak naik kereta biasa dan ngobrol sampe bego malem, sampe waktunya tidur. Hahaha kaga boong kita semua kecuali si Korea ga berhenti ngobrol. Gue pun berusaha ngajak ngomong si Korea 2-3x tapi doi was like, “Me English no good” terus langsung colok kuping dia pake earphone sepanjang train ride. Hahaha.

Gue bener-bener suka banget train ridenya and I enjoyed talking to them very much. Gue sama si Mexico paling banyak ngomong, dari bahas agama sampe makanan sampe politik (ya elah lagi-lagi politik lol.)

Ini foto bilik kita pas masih dijadiin bangku duduk dan setelah diubah ke ranjang.

Itu yang ada charger tempat duduk gue, sebrang gue si Mexico, terus sebelah Mexico si Italy, abis itu deket pintu baru si Korea.

Jadi tempat duduk kita tadi akan jadi kasur level 1, lalu senderan kita akan diangkat jadi kasur level 2, dan terakhir di langit-langit udah ada kasur level 3 (dan di depan kasur level 3 ada seiprit space untuk naro koper.)

Nah harusnya gue dan sang suami tidur di paling atas (our ticket said so karena tujuan kita ke Rome, lebih jauh dari tujuan mereka semua yang ke Florence), tapi karena kita ngobrol kaga selese-selese, jam 9 malem si Italy naik duluan ke level 3 untuk tidur. Ketek kan? Jadi doi ngambil kasurnya sang suami. Kita ngobrol lagi dikit sampe jam 10, sampe begitu gue keluar kencing, semua bilik lainnya udah tutup gorden dan tutup pintu siap tidur. Gue sampe ga enak karena masih ngobrol dan takut tanpa sadar udah ganggu penumpang lain. Jam 10an kita siap-siap tidur (we figured out by our own gimana cara set kasur level 2 nya, gampang sih tinggal diangkat doang.) Oh ya WC-nya sharing dan lokasinya ada di ujung lorong. Sempit banget tapi ok lah paling ngga ga kotor atau bau.

Jadi posisi tidurnya: gue dan Italy di level 3, Korea dan sang suami di level 2, Mexico dan sisa koper + gitar di level 1. Kasur level 2 ini sangat ga nyaman kata sang suami karena aga miring (maklum itu kan awalnya senderan yang disulap), huhu poor sang suami, harusnya itu tempat tidur si Italy. Tapi baru matiin lampu sejenak tiba-tiba gue udah denger suara ngorok sang suami hahahaha, jadi kasur yang tidak nyaman sekalipun ga bisa menghalangi doi dari tidur nyenyak. Gue sampe mikir dalem hati yang lain bete kaga ya karena keberisikan? xD

Unlike sang suami yang memang gampang tidur, gue orangnya susah tidur. Apalagi di kereta yang dikit-dikit joget kanan joget kiri begitu. Malem itu gue unable to sleep sampe sejeman T___T posisi gue yang mepet banget sama langit-langit dan keretanya yang goyang-goyang parah made me super duper mual. Malem itu shitty banget buat gue, luckily after about an hour gue fell asleep juga 🙁 gila bayangin hari itu aja rasanya pala gue ngiter lagi sekarang. Hahaha.

Tempat koper di level 3. Kecil banget kan gila itu naikinnya aja perjuangan. Perjuangan cowo-cowo of course haha gue sih kaga berjuang apa-apa :p

Untung anak gue si Antal begitu tough dan ngga rewel :’)

Kasur sang suami di level 2. Sempiiiiiiittttt.

Karena mereka semua stop di Florence (gue dan sang suami di Rome, yang lebih jauh), mereka bertiga dibangunin jam 5:30 pagi untuk breakfast. Nah karena si Italy ngambil ranjangnya sang suami, sang suami jadi ikutan kebangun deh pagi-pagi 🙁 gue juga kebangun sih since lampunya dinyalain dan mereka a bit berisik. We chat again for a while and took a picture before we said goodbye 🙂

Abis mereka cabut gue dan sang suami langsung main lompat tali dan khayang seneng banget karena biliknya langsung lega dan buat kita doang xD Jam 8an kita diprovide simple breakfast, terus abis itu sang suami lanjut tidur lagi bentar di level 3 sementara gue duduk aja di pinggir jendela, menikmati sinar matahari pagi and the ride itself yang sebentar lagi berakhir.

Phew what an experience 🙂

7. Train ticket ÖBB Vienna – Rome Nightjet: € 118

Total: € 152.8

Important tips:

1. Air di WC Wien Hbf bisa diminum juga loh! Jadi selama di Austria kalian ga perlu beli mineral water ya. Btw meski gue dan sang suami tau tap water di Vienna itu aman untuk diminum, awalnya pas nyampe Wien Hbf kita sempet hesitate and ngedoubt, “Ah masa sih tap water dari wastafel toilet juga bisa diminum?? Jorok amat rasanya..” jadilah kita mau nanya orang local. Tapi karena pertanyaannya seems to be so stupid dan memalukan, kita berdua sampe debat dulu siapa yang harus go and ask. Akhirnya kita berdua suit and he lost HAHAHA jadi dia samperin janitor di station dan nanya apa air di WC bisa diminum atau ngga, terus dengan super pede dan bangga janitornya jawab, “In Vienna, yes you can.” Eaaaaa baiklah xD
  2. In my opinion our schedule to leave that day itu pas banget karena Hallstatt cukup untuk dijelajah 1 hari ++. Kalau sampe 2 hari kayaknya kelamaan.
  3. Di nightjet ga ada restoran / cafe, jadi kalo mau ngemil bawa dari station ya. Jangan lupa untuk have dinner dulu sebelum berangkat.
  4. Gue baru tau ternyata receipt WC juga berlaku sebagai kupon diskon seharga € 0.5. Bisa dipake di restaurants / shops di train station / tempat WC itu berada. Minimum pembelian  € 2.5 dan tiap orang cuma bisa pake 1 voucher dalam 1 transaksi. Haha too bad gue didn’t realize it back then (abis depannya bahasa German sih.) Makanya kita kudu rajin baca bagian belakang voucher / receipt apapun itu yah.
Summary
Hallstatt, Bakerei Maislinger, Maik’s Heisse Hutte, Wien Hbf, Roma Termini.