22 October 2015

8:00 – Breakfast dan check out.

9:00 – Ke Daepo Jusangjeolli Cliff. Tempat ini ada di dalem Jungmun Resort gitu, dan sejalan kita lewatin kalau mau pulang ke airport, jadinya kita decided untuk mampir. Tapi bener-bener apes, GPS di mobil ga nunjukin exact placenya dan kita udah stop nanya orang di jalan beberapa kali tapi ga nemu yang bisa bahasa Inggris dan bisa explain jalannya dengan jelas. Hahaha. Akhirnya karena mau negier wagt ke airport, kita cuma keliling-keliling di sekitar cliffnya dan foto dari mobil doang (udah keliatan tuh cliff tapi kaga nemu pintu masuknya grrr.)

11:55 – Departure time ke Seoul.

15:00 – Begitu nyampe di airport, as usual kita naik train lagi ke Seoul Station karena penginapan kita yang terakhir ada di deket sana. Sembari gerek koper kita makan di resto di deket station dan gue pesen pork chop (kalo suka nontok Korean variety show, ini salah satu menu andalan mereka yang suka dielu-elukan.) Yang gue sesalkan hari itu adalah: si Jack pesen jajangmyeon dan sumpah itu jauh lebih enak dari pork chop gue!

16:00 – Check in di apartment Jay’s Loft. Gue book ini via Airbnb, tapi by the time gue ngetik ini linknya udah ga ada. Apartment ini lebih gede dari yang di Myeongdong kemarin, dan ada 2 lantai juga. It’s cozy and clean as well. Cuma malem pertama disini I feel bad buat para cowo-cowo karena ntah kenapa wcnya sempet mampet sampe aer di toilet beleber keluar. Ewwww. Hahaha sementara cewe-cewe tidur bak Aurora si Sleeping Beauty, cowo-cowo pada ngurusin bidet wc yang rusak x’D

17:30 – Ke Dongdaemun Design Plaza (Subway Line 2, 4 ,5. Exit 1). Ini tempat art dan exhibition place gitu, ga terlalu ada apa-apa. Cuma by the time gue kesana gedung ini baru disahkan setaoan, jadi it’s pretty happening and very eye catching as well, jadinya kita mampir bentar deh. Kita jalan-jalan di sekitar sana dan ngebir sebentar karena si Jack kinda craving for it. Pas malem ada garden bunga dari lampu yang dinyalain; I gotta say it was pretty magical.

20:00 – Dinner time! Emang dasar kurang hobi makan, gue selalu ga bother nyatet nama restoran tempat kita makan. And the worst thing about this trip adalah: sampe hari terakhir di Korea gue ga masuk ke restoran yang jual jajangmyeon lagi (karena ga kebetulan lewat dan lupa Googling mulu!) Ihik ihik. Haha. Anyway kita dinner di tempat random, dan makanannya ya so so not bad tapi ga sampe enak banget.

21:00 – Sisa malam itu kita jalan-jalan keliling-keliling ke Dongdaemun Market dan Cheonggyecheon Stream. Bagian baju Dongdaemun Market ini isinya kayak ITC gitu gue bilang, sempit tapi berAC. Gue sih ga suka shopping, dan meski Shinta lumayan demen, kita ended up cuma muter sekali dua kali doang secara bawa 2 cowo yang ngekor tanpa arah. Cheonggyecheon Stream itu jalanan di pinggir river yang terkenal di Seoul. Siang bagus, malem cakep dan romantis :p Gue lumayan suka disana, ambiencenya enak buat jalan santai sambil ngobrol. Apologize for the lack of photos ya, gatau kenapa ga ada fotonya nih (mungkin udah cape malem itu jadi gue ga gitu pegang kamera), cuma nemu ini:

Gue kurang tau ini palace apa, tapi malem itu pas jalan-jalan kita nemu tempat ini. Cakep deh palace-palace di Korea pas malem hari. Terang dan megah gitu.

Expenses (dalam Korean ₩):

1. Isi bensin: 4.300
  2. Breakfast di Jeju Airport: 4.000
  3. Lunch pork chop: 7.000
  4. Beli kaos kaki di pinggiran: 500
  5. Beli roti dll di convenient store: 3.500
  6. Sewa apartment di deket Seoul Station 5D4N: Rp 1.299.000 (harga perorang dari total berempat)

Total: 19.300 ₩ + Rp 1.299.000

Important tips:

1. Di itinerary awal gue sempet nulis 2 suggestions market to visit yakni: Dongdaemun Market (lebih baru dan ga banyak wara-wiri penjual ketok harga) dan Namdaemun Market (oldest and largest market in Korea, tapi katanya harus bargain, which I am super duper suck at.) Tapi karena tujuan utama kita berempat bukan belanja, we sorta skipped this kind of market from our final itinerary. Kalau kalian mau belanja, gue saranin ke Dongdaemun aja karena baca-baca di forum katanya di Namdaemun penjualnya lebih galak, dan harga untuk turis diketok banget (untung yang diketok masih harga ya, bukan kepala haha.)
  2. Sebelum pulang ke apartment, kita mampir dulu ke convenient store untuk beli roti, butter, susu, dan minuman untuk besok pagi. Kebetulan di apartment yang ini kitchen utilitiesnya lumayan lengkap, jadi bisa kita pake masak. Not a bad idea at all I must say, selain menghemat uang, kita jadi hemat waktu juga ga perlu jalan kaki keliling cari tempat breakfast.
Summary
Daepo Jusangjeolli Cliff, Seoul Station, Dongdaemun Design Plaza, Dongdaemun Market, Cheonggyecheon Stream.